8 Condenser Microphone Terbaik

Condenser Microphone adalah jenis mikrofon yang menggunakan diafragma logam tipis bermuatan listrik yang terletak di dekat pelat logam tetap untuk menghasilkan arus listrik. Arus ini berbanding lurus dengan gelombang suara yang mengenai diafragma, membuat Condenser Microphone sangat sensitif dan akurat dalam menangkap suara.

Ada banyak faktor yang perlu dipertimbangkan saat memilih Microphone, termasuk kegunaannya, respons frekuensi, sensitivitas, dan harga. Beberapa Microphone lebih cocok untuk aplikasi tertentu daripada yang lain, jadi penting untuk melakukan riset dan mempertimbangkan kebutuhan khusus Anda sebelum melakukan pembelian.

Rekomendasi 8 Condenser Microphone terbaik

1. Condenser Microphone BM 800 + Kartu Suara V8

Condenser Microphone BM 800 + Kartu Suara V8

Condenser Microphone BM 800 merupakan Condenser Microphone yang sering digunakan untuk aplikasi recording dan streaming. Terkenal dengan suaranya yang jernih, detail, dan respons frekuensi yang lebar, membuatnya cocok untuk menangkap berbagai sumber audio. Ini juga memiliki pola pickup cardioid, yang berarti paling sensitif terhadap suara yang datang langsung dari depan Microphone, membuatnya bagus dalam mengisolasi sumber audio yang diinginkan dari kebisingan latar belakang.

Kartu Suara V8 adalah antarmuka audio digital yang memungkinkan Anda menyambungkan perangkat audio, seperti Microphone dan instrumen, ke komputer atau perangkat lain. Ini dapat digunakan untuk merekam dan memutar ulang audio, dan seringkali menyertakan fitur seperti saluran input dan output, pemrosesan audio digital, dan perangkat lunak kontrol.

Jika digabungkan, Condenser Microphone BM 800 dan Kartu Suara V8 dapat menjadi pengaturan yang baik untuk merekam dan mengalirkan audio. Microphone BM 800 dapat memberikan suara berkualitas tinggi, sedangkan Kartu Suara V8 memungkinkan Anda menghubungkan Microphone ke komputer atau perangkat lain dan mengontrol sinyal audio. Perlu dicatat bahwa kualitas rekaman juga akan bergantung pada faktor lain, seperti perangkat lunak perekaman dan akustik ruangan.

2. Maono AU-903 Desktop USB Microphone Cardioid Omnidirectional Mic

Maono AU-903 Desktop USB Condenser Microphone

Maono AU-903 adalah Microphone USB yang dirancang untuk digunakan pada desktop atau permukaan datar lainnya. Ini adalah Condenser Microphone, yang artinya sensitif dan responsif dan biasanya digunakan di studio rekaman dan aplikasi live sound.

AU-903 memiliki pola cardioid pickup, yang artinya paling sensitif terhadap suara yang datang langsung dari depan Microphone dan kurang sensitif terhadap suara yang datang dari samping dan belakang. Ini menjadikannya pilihan yang baik untuk mengisolasi sumber suara tertentu di lingkungan yang bising atau untuk merekam satu suara atau instrumen.

Selain pola pickup cardioidnya, AU-903 juga memiliki pengaturan omnidirectional, yang artinya sama sensitifnya terhadap suara yang datang dari segala arah. Ini dapat berguna untuk merekam sekelompok orang atau untuk menangkap suasana ruangan atau lingkungan.

3. Condenser Microphone SOUNDTECH 2.1 USB

Condenser Microphone SOUNDTECH 2.1 USB

Saat Anda merekam suara Anda sendiri, biasanya Anda tidak dapat mendengarnya secara langsung. Oleh karena itu, Anda bisa menggunakan produk ini yaitu SOUNDTECH 2.1 USB Condenser Microphone. Microphone ini memiliki jack headphone yang terhubung ke earphone Anda. Sehingga Anda dapat mendengar suara Anda sendiri saat merekam ucapan.

Condenser Microphone ini juga memiliki fungsi mute. Sehingga hal ini akan memudahkan Anda saat melakukan virtual meeting. Selain itu, Anda juga bisa menambahkan efek gema melalui tombol yang ada di badan Microphone. Oleh karena itu, produk ini sangat direkomendasikan untuk orang yang sering melakukan virtual meeting.

4. Condenser Microphone iSK AT100

Condenser Microphone iSK AT100

Harga Microphone ini bisa dibilang cukup terjangkau, tapi kualitasnya tidak murahan. Bila anda membutuhkan Condenser Microphone anggaran rendah untuk perekaman di rumah. Microphone ini bisa menjadi solusi pasti.

Microphone iSK AT100 merupakan Condenser Microphone cardioid yang memberikan kualitas hasil rekaman suara yang cukup baik. Cocok untuk studio rekaman rumah. Kualitasnya cukup baik dan setara dengan Condenser Microphone lain di kelasnya.

5. Condenser Microphone Samson C01

Condenser Microphone Samson C01

Samson C01 adalah Condenser Microphone diafragma besar yang dirancang untuk berbagai aplikasi perekaman, termasuk vokal, instrumen, dan sulih suara. Ini memiliki pola kutub cardioid, artinya paling sensitif terhadap suara yang datang langsung di depan Microphone dan kurang sensitif terhadap suara yang datang dari samping dan belakang. Ini menjadikannya pilihan yang baik untuk mengisolasi sumber suara tertentu di lingkungan yang bising, atau untuk merekam satu suara atau instrumen.

Samson C01 memiliki respons frekuensi yang halus dan diperluas serta tingkat kebisingan yang rendah, membuatnya sangat cocok untuk menangkap rekaman audio berkualitas tinggi. Ini juga memiliki shock mount bawaan yang membantu mengurangi kebisingan penanganan dan getaran.

Beberapa pengguna menemukan Samson C01 memiliki kualitas build yang solid dan menghasilkan suara yang hangat dan penuh.

6. Condenser Microphone Audio-Technica AT2020

Condenser Microphone Audio-Technica AT2020

Audio-Technica AT2020 adalah Condenser Microphone diafragma besar yang dirancang untuk merekam vokal, sulih suara, dan instrumen. Ini memiliki pola kutub cardioid, artinya paling sensitif terhadap suara yang datang langsung di depan Microphone dan kurang sensitif terhadap suara yang datang dari samping dan belakang.

Ini menjadikannya pilihan yang baik untuk mengisolasi sumber suara tertentu di lingkungan yang bising, atau untuk merekam satu suara atau instrumen. AT2020 memiliki respons frekuensi yang halus dan diperluas serta tingkat kebisingan yang rendah, membuatnya sangat cocok untuk menangkap rekaman audio berkualitas tinggi.

Ini juga memiliki shock mount bawaan yang membantu mengurangi kebisingan penanganan dan getaran. Beberapa pengguna menganggap AT2020 memiliki kualitas build yang solid dan menghasilkan suara yang jernih dan detail.

7. Condenser Microphone M-Audio Nova

Condenser Microphone M-Audio Nova

M-Audio Nova adalah Condenser Microphone diafragma besar yang dirancang untuk merekam vokal, sulih suara, dan instrumen. Ini memiliki pola pickup cardioid, yang berarti paling sensitif terhadap suara yang datang langsung dari depan Microphone dan kurang sensitif terhadap suara yang datang dari samping dan belakang. Ini menjadikannya pilihan yang baik untuk mengisolasi sumber suara tertentu di lingkungan yang bising atau untuk merekam satu suara atau instrumen.

M-Audio Nova memiliki respons frekuensi yang halus dan diperluas serta tingkat kebisingan yang rendah, yang membuatnya sangat cocok untuk menangkap rekaman audio berkualitas tinggi. Ini juga memiliki shock mount built-in yang membantu mengurangi kebisingan dan getaran penanganan.

Beberapa pengguna mencatat bahwa Condenser Microphone M-Audio Nova memiliki kualitas build yang solid dan menghasilkan suara yang jernih dan detail.

8. Condenser Microphone RODE NT1-A Large-diaphragm Cardioid

Condenser Microphone RODE NT1-A

Rode NT1-A adalah Condenser Microphone diafragma besar yang terkenal dengan suaranya yang halus, hangat, dan self-noise yang rendah. Ini biasanya digunakan untuk merekam vokal dan instrumen di studio dan pengaturan rekaman rumah.

Microphone memiliki pola pikap cardioid, yang artinya paling sensitif terhadap suara yang datang langsung dari depan Microphone, dan kurang sensitif terhadap suara yang datang dari samping atau belakang. Ini membuatnya ideal untuk mengisolasi sumber suara tertentu dan mengurangi kebisingan latar belakang. Ini memiliki respons frekuensi 20 Hz hingga 20 kHz, yang berarti dapat menangkap berbagai frekuensi suara, dari sangat rendah hingga sangat tinggi.

NT1-A juga dirancang agar mudah digunakan, dengan pengaturan plug-and-play sederhana dan filter pop bawaan untuk mengurangi suara plosif. Secara keseluruhan, Condenser Microphone Rode NT1-A adalah mikrofon yang sangat dihormati yang banyak digunakan oleh para profesional dan amatir karena suara berkualitas tinggi dan keserbagunaannya.

Condenser Microphone umumnya digunakan dalam berbagai pengaturan, termasuk studio rekaman, pertunjukan musik langsung, dan aplikasi siaran. Mereka dikenal karena kemampuannya untuk menangkap rentang frekuensi yang luas dan memberikan suara yang jelas dan detail. Namun, mereka sensitif terhadap suara keras dan mungkin memerlukan sirkuit tambahan untuk mencegah distorsi.

Salah satu keuntungan dari Condenser Microphone adalah membutuhkan sumber daya, yang dapat disuplai secara eksternal atau melalui baterai internal. Ini memungkinkan mereka memiliki komponen elektronik aktif, seperti preamplifier, yang dapat meningkatkan sinyal yang mereka hasilkan.

Secara keseluruhan, Condenser Microphone adalah pilihan populer karena sensitivitas dan akurasinya yang tinggi, dan sering kali lebih disukai untuk aplikasi perekaman dan penyiaran yang menginginkan suara yang mendetail dan jernih.

Namun, perlu diperhatikan bahwa kualitas suara setiap Microphone dapat bervariasi tergantung pada situasi perekaman tertentu dan keahlian pengguna. Membaca ulasan dari pengguna lain dan mendengarkan sampel audio yang direkam dengan mikrofon dapat membantu untuk mengetahui kualitas suaranya.