Daftar 14 Rekomendasi Gitar Mini Terbaik

Gitar Mini Terbaik

Gitar-Mini-Terbaik

Gitar punya banyak ukuran, sebab hal ini berpengaruh pada seberapa mudah gitar tersebut dimainkan. Tujuan dibuatnya gitar dengan beragam ukuran ini untuk disesuaikan dengan penggunanya. Sebagai contoh, gitar untuk anak berusia dibawah 10 tahun, maka akan terasa menyulitkan jika dia bermain gitar dengan ukuran standar orang dewasa. Maka dari itu gitar mini hadir sebagai rekomendasi terbaik untuk digunakan sesuai dengan kondisi pemakainya.

Gitar mini adalah gitar yang memiliki ukuran lebih compact dan portable. Bobotnya lebih ringan dan memiliki senar 6 sangat cocok untuk digunakan anak-anak atau wanita yang memiliki ukuran tangan lebih kecil. Karena desainnya yang kecil dan lebih ringan sehingga lebih mudah dimainkan bahkan untuk pemula sekalipun. Jenis gitar ini memiliki beberapa tipe: akustik, akustik elektrik dan eletrik dengan karakter berbeda pula dari jumlah fret, ukuran neck, desain hingga harganya juga berbeda. Semua disesuaikan dengan kegunaan dan kebutuhan masing-masing.

Jika anda punya keinginan untuk memulai belajar gitar, hal yang terpenting dalam memilih gitar mini adalah ketepatan dalam menentukan tipe sesuai kebutuhan. Secara umum gitar mini terbagi dalam tiga tipe menurut strukturnya.

Tipe Gitar Mini Akustik

Gitar-mini-akustik

Bagi pemula yang baru mulai belajar atau untuk anak-anak, tipe ini sangat direkomendasikan sebelum beralih ke gitar standar. Tipe gitar ini bisa digunakan untuk berbagai keperluan. Selain untuk berlatih bisa juga sekedar untuk menyalurkan hodi dan bernyanyi barengan teman-teman.

Ada dua jenis senar baja dan nilon yang digunakan. Umumnya gitar akustik yang ada di pasaran biasanya menggunakan senar baja. Namun, jika anda penikmat musik klasik bisa menggantikannya dengan senar gitar nilon.

Tipe Gitar Mini Akustik Elektrik

Gitar-mini-akustik-elektrik

Pilihan tipe ini tepat buat live performance. Produk gitar tipe ini sudah dilengkapi dengan mikrofon dan pickup. Layaknya gitar elektrik, anda dapat mengatur volume suaranya dengan menghubungkan gitar pada amplifier. Gitar mini akustik elektrik yang berkualitas tinggi dengan harga yang relative terjangkau ini sangat banyak ditemukan di pasaran.

Tipe Gitar Mini Elektrik

Gitar-mini-elektrik

Cocok dimainkan bersama grup band yang anda bentuk. Gitar ini mudah dibawa dan dimainkan karena memiliki bodi yang tipis. Volume suaranya bisa diatur melalui amplifier dan pickup. Kebanyakan gitar mini elektrik ini dibuat menggunakan plat tipis. Variasi model dan warnanyapun juga banyak seperti: Stratocaster, V-shapes, Les Paul dan lain sebagainya. Jadi jangan ragu untuk memilih warna dan modelnya sesuai keinginan Anda.

Tips memilih Gitar Mini

Cek Panjang Neck

Gitar mini pada umumnya memiliki ukuran panjang neck bervariasi dari 54 – 58 cm. Perhatikan panjang neck ini karena akan memengaruhi suara yang bisa dihasilkan. Semakin bertambah panjangnya neck gitar akan memudahkan untuk disetel dan memiliki suara yang makin stabil. Hanya saja hal tersebut bisa membuat gitar jadi sulit untuk dibawa.

Kebalikannya jika neck-nya pendek, suara yang dihasilkan mudah berubah nadanya dan menjadi lebih kecil. Namun, neck yang pendek memungkinkan kita untuk memainkan gitar dengan suara yang lembut. Jadi pilihlah panjang neck sesuai dengan selera Anda dan sesuaikan saja dengan jenis lagu yang akan dimainkan.

Panjang dan pendeknya neck ternyata juga tergantung dengan ukuran bodi gitar. Beda ukuran panjang neck ini maka beda pula cara penyetelannya dan cara memegangnya. Maka sebelum anda memutuskan untuk membeli pastikan selalu mengecek poin tersebut.

Lebar Neck

Pada umumnya lebar neck 4,3 cm namun ada juga produk dengan ukuran neck yang sempit yang sering dikenal dengan narrow neck. Untuk memastikannya sesuaikan saja ukuran lebar neck yang cocok dengan ukuran tangan dan kekuatan tangan anda. Karena cara menekan neck juga mempengaruhi kualitas suara yang dihasilkan.

Meskipun untuk pemula, sering kali direkomendasikan untuk menggunakan produk narrow neck karena lebih mudah digenggam. Sebetulnya ini hanya soal pembiasaan saja. Jika terbiasa menggunakan narrow neck maka akan cenderung membuat kita jadi kesulitan beralih ke gitar dengan ukuran neck lebih lebar atau standar.

Semakin sering kita memainkan gitar dan semakin terbiasa dengan ukuran neck-nya maka tidak salah jika memilih produk dengan lebar neck yang mendekati ukuran standar.

Kualitas dan Kemudahan Pemakaian

Produk gitar mini memiliki kisaran harga yang bervariasi mulai dari ratusan ribu hingga jutaan rupiah. Selain harga, kualitas suara, performa dan kemudahan dalam penggunaan gitar juga perlu dipertimbangkan.

Banyak produk yang harganya murah sering kali mengalami banyak kesulitan saat dimainkan. Karena suaranya mudah melenceng dan senarnya cepat kendur. Terkadang juga memiliki fret lebih sedikit sehingga lagu yang dapat dimainkan jadi terbatas. Produk semacam ini sangat tidak direkomendasikan, tidak berguna dan buang-buang duit saja.

Bila anda serius ingin belajar gitar, pilihlah produk yang berkualitas dan bermutu tinggi. Banyak produk gitar yang beredar di pasaran seperti Yamaha, Cort, Taylor dan mungkin itu membuat anda jadi bingung untuk menentukan pilihan. Semoga daftar rekomendasi yang kami buat ini setidaknya bisa membantu anda dalam menentukan pilihan yang sesuai dan terbaik.

Daftar Gitar Mini Terbaik

Apakah sudah siap untuk menentukan pilihan gitar mini terbaik anda? Berdasarkan pembahasan diatas kami mencoba menyusun daftar gitar mini terbaik dari harga terendah hingga termahal. Lengkap dengan tipe dan ulasan yang setidaknya bisa memberikan gambaran tentang kondisi fisik dari masing-masing gitar.

*Disclaimer: Harga sewaktu-waktu bisa berubah mengikuti harga pasaran.

Mandalika Parlor P1SP-NT

Mandalika-Parlor-P1SP-NT

Tipe

Akustik

Material

Meranti (body), Mahogany (neck)

Finish

Tidak dijelaskan

Scale length

Tidak dijelaskan

Panjang Neck

Tidak disebutkan

Lebar Neck

Tidak disebutkan

Kisaran Harga

Rp 450.000,-

Mandalika Parlor P1SP-NT didesain lebih mungil dan ringkas dengan kombinasi 2 warna, natural dan cokelat. Gitar ini memiliki playability lebih mudah karena jarak antara fret berdekatan membuatnya lancar untuk berbagai gaya, termasuk fingerstyle.

Terdapat lubang “soundport” di bagian samping gitar mini terbaik ini. Soundport tersebut berfungsi untuk memperjelas suara, membuat suara jadi lebih cerah dengan frekuensi tinggi, dan tidak mendem.

Kelebihan

Kekurangan

Playability lebih mudah

Hanya tersedia dua varian warna

Fingerstyle lancar

 

Harga terjangkau

 

Cowboy Gitar mini GK-6

Cowboy-Gitar-mini-GK-6

Tipe

Akustik

Material

Meranti (body), Mahogany (neck)

Finish

Tidak dijelaskan

Scale length

Tidak dijelaskan

Panjang Neck

Tidak disebutkan

Lebar Neck

Tidak disebutkan

Kisaran Harga

Rp 550.000,-

Cowboy GK-6 adalah produk terbaik bagi pemula karena mudah dimainkan. Dengan ukuran panjang dan lebar 80 x 23 cm dan bobotnya hanya 4kg menjadikannya terasa ringan. Hal ini menjadikannya mudah untuk dibawa bahkan saat travelling sekalipun. Selain itu, tangan pun tidak cepat merasa lelah dan bisa berpindah fret dengan cepat dan presisi.

Kelebihan

Kekurangan

Gitar travel terbaik yang sangat mudah dimainkan

Hanya tersedia dua varian warna

Ukuran keseluruhan tergolong compact

Ujung fret sulit digunakan karena desain bodi yang membulat

Mudah diangkat dan digunakan

 

Mandalika Gitarlele 6S GL-01NT

Mandalika-Gitarlele-6S-GL-01NT

Tipe

Akustik

Material

Mahogany (body, neck), rosewood (bridge, fingerboard)

Finish

Open pore

Scale length

Tidak dijelaskan

Panjang Neck

Tidak disebutkan

Lebar Neck

Tidak disebutkan

Kisaran Harga

Rp 595.000,-

Mandalika Gitarlele ini memiliki 6 senar nilon layaknya gitar akustik lainnya dengan chord yang sama. Jika anak anda sedang belajar gitar maka produk ini layak untuk diberikan. Bentuknya yang ringkas dengan bobot yang ringan akan mudah dibawa dan lebih fleksibel. Cocok dimiliki oleh putra – putir anda yang senang memainkan gitar dengan suara nyaring, tetapi tidak ingin mengeluarkan banyak tenaga. Senarnya yang berbahan nilon pun terasa empuk di jari.

Kelebihan

Kekurangan

Resonansi optimal berkat finishing open-pore

Hanya tersedia dua varian warna

Ringkas dengan bobot yang ringan

 

Senarnya dari bahan nilon jadi terasa empuk di jari

 

Ibanez Electric Guitars PGM

Ibanez-Electric-Guitars-PGM

Tipe

Elektrik

Material

Mahogany (body), Maple (neck), Maple (fretboard)

Finish

White Glosy

Scale length

Tidak dijelaskan

Panjang Neck

Tidak disebutkan

Lebar Neck

Tidak disebutkan

Kisaran Harga

Rp 725.000,-

Anda mencari gitar mini elektrik dengan suara yang tajam dan jelas. Ada baiknya untuk mempertimbangkan produk Ibanez Electric Guitars PGM ini. Dilengkapi dengan fretboard yang dibuat dari maple, bodi berbahan kayu mahogany membuat produk ini makin awet digunakan. Dengan desain monotone yang tidak berlebihan dan cocok digunakan oleh segala kalangan usia.

Kelebihan

Kekurangan

Sudah sepaket dengan kabel jack dan tas

Pada bagian jack input harus sering dibersihkan supaya tidak cepat rusak

Desainnya mengesankan

 

Kualitas suaranya jelas dan tajam

 

Yamaha Guitalele GL1

Yamaha-Guitalele-GL1

Tipe

Akustik

Material

Material Spruce (top), various species tonewood (back, side, neck), rosewood (fingerboard), maple (bridge)

Finish

Matt (body, neck)

Scale length

433 mm

Panjang Neck

43,3 mm

Lebar Neck

± 4,8 mm

Kisaran Harga

Rp 840.000,-

Gitar ini tampak seperti ukulele tapi sebetulnya produk ini bukan ukulele. Yamaha Guitalele GL1 terbuat dari bahan berkualitas tinggi seperti: kayu spruce, rosewood, maple, dengan body finish matt. Tak heran jika kualitas suara yang dihasilkan sangat jernih.

Total panjang gitar mini terbaik ini 698mm (27 ½”) dengan lebar 299mm (9″), serta jarak senar kurang lebih 10.2mm. Produk gitar ini merupakan gitar senar nilon dengan panjang skala 433mm (17″).

Kelebihan

Kekurangan

Harganya ekonomis dan terjangkau

Fingerboard kecil tidak nyaman yang ukuran jarinya besar dan panjang.

Yamaha School Classical Guitar CGS102A

Yamaha-School-Classical-Guitar-CGS102A

Tipe

Akustik

Material

Material Spruce (top), Locally Sourced tonewood (back, side, neck), rosewood (fingerboard), rosewood (bridge)

Finish

Matt (neck) Gloss (body)

Scale length

535mm (21 1/16″)

Panjang Neck

Tidak disebutkan

Lebar Neck

± 4,8 mm

Kisaran Harga

Rp 1.000.000,-

Produk Yamaha School Classical Guitar CGS102A memiliki kemiripan seri yaitu CG102. Jadi hati – hati jika membeli seri gitar ini. Untuk mengenal perbedaannya terletak pada ukurannya. Produk ini ( CGS102A ) ukurannya setengah kali lebih kecil dari seri CGS120.

Kelebihan

Kekurangan

Lebih tahan lama berkat material kayu meranti

Bagian bodi rentan rusak jika terbentur keras

Yamaha JR1

Yamaha-JR1

Tipe

Akustik

Material

Spruce (top), Locally Sourced tonewood (back, side, neck), rosewood (fingerboard, bridge)

Finish

Gloss (body), matt (neck)

Scale length

540 mm

Panjang Neck

Tidak disebutkan

Lebar Neck

43 mm

Kisaran Harga

Rp 1.009.000,-

Yamaha JR1 merupakan gitar mini dengan skala terbaik 540mm. Bagian atasnya terbuat dari solid spruce sehingga mampu mengahsilkan suara akustik yang lebih otentik. Untuk bagian belakaqng dan sisinya dibuat menggunakan bahan mahogany UTF, sehingga mempercantik tampilan gitar mini ini. Anda dapat membawa gitar ini dengahn mudah saat berpergian menggunakan gig bag.

Kelebihan

Kekurangan

Body Ramping, daya tahan cukup Kuat, dapat soft case

Belum adanya tuner dan pream atau equalizer, jadi belum bisa menggunakan ampli

Yamaha JR2

Yamaha-JR2

Tipe

Akustik

Material

Spruce (top), Mahogany UTF (back, side), Locally Sourced tonewood ( neck), rosewood (fingerboard, bridge)

Finish

Gloss (body), matt (neck)

Scale length

845 mm

Panjang Neck

54 mm

Lebar Neck

43 mm

Kisaran Harga

Rp 1.365.000,-

Jika anda mencari tipe gitar mini akustik yang memiliki tone yang balance, produk JR2 ini wajib anda pertimbangkan. Kombinasi kayu spruce dan mahoni mampu membuat gitar ini bisa menghasilkan tone suara seimbang. Tidak terdengar cempreng maupun terlalu rendah. Gitar JR2 ini terkesan cantik dan memesona karena dilapisi dengan mahogany UTF. Tentunya bisa membuat anda semakin senang untuk terus memainkannya.

Kelebihan

Kekurangan

Karakter suaranya balance

Bodi bagian bawah tergolong besar, rentan membuat tangan lelah karena lebih terangkat

Yamaha APXT2

Yamaha-APXT2

Tipe

Akustik Elektrik

Material

Spruce (top), various species tonewood (back, side, neck), rosewood (fingerboard, bridge)

Finish

Gloss (body), matt (neck)

Scale length

580 mm

Panjang Neck

58 mm

Lebar Neck

43 mm

Kisaran Harga

Rp 1.975.000,-

Gitar APXT2 ini sudah dilengkapi dengan EQ mid-boost dan tuner kromatik presisi dengan akurasi dan sensitivitas tinggi guna penyesuaian suara yang optimal. Dengan sistem pickup kontak berbasis ART dan Preamp aktif satu arah menjadikan gitar mini ini memiliki kualitas nada akustik yang alami. Struktur tampilannya yang ringkas dengan panjang total 866 mm, sangat memudahkan untuk dibawa saat bepergian.

Kelebihan

Kekurangan

Pickup aktifnya dapat difungsikan sebagai tuner

Perlu mengeluarkan dana ekstra untuk mengganti baterainya secara berkala

Cort AD Mini

Cort-AD-Mini

Tipe

Akustik Elektrik

Material

Spruce (top), mahogany (back, side, neck), merbau (fingerboard, bridge)

Finish

Open pore

Scale length

578 mm

Panjang Neck

Tidak disebutkan

Lebar Neck

Tidak disebutkan

Kisaran Harga

Rp 1.912.000,-

Cort AD Mini ini berukuran 3/4 dari gitar biasa. Meskipun lebih kecil namun suara yang dihasilkan lebih besar berkat lapisan pori terbuka yang bisa meningkatkan resonansi kayu. Menggunakan bahan spruce pada bagian atasnya, memberikan fleksibilitas dan kekuatan untuk menciptakan karakter suara sonic yang cocok untuk berbagai genre dan gaya bermain musik.

Kelebihan

Kekurangan

Sudah sepaket dengan softcase

Perlu mengganti baterainya secara berkala agar suaranya bisa dikeluarkan amplifier

Fender Squier Mini Stratocaster

Fender-Squier-Mini-Stratocaster

Tipe

Elektrik

Material

Poplar (body), maple (neck)

Finish

Gloss polyurethane (body), satin urethane (neck), chrome (hardware)

Scale length

578 mm

Panjang Neck

Tidak disebutkan

Lebar Neck

42 mm

Kisaran Harga

Rp 3.100.000,-

Merupakan tipe gitar elektrik bergaya klasik dengan ukuran 3/4 , bodi tipis dan ringan. Produk ini dengan profil leher berbentuk “C” mudah dimainkan bagi anak-anak dan cocok untuk anda yang baru belajar gitar elektrik. Dilengkapi dengan tiga single-coil pickups responsive ditambah sakelar lima arah untuk variasi sonic dan jembatan hardtail sehingga penyetelannya lebih stabil dan solid.

Kelebihan

Kekurangan

Versatile untuk memainkan berbagai jenis musik

Knob masih berbahan plastik, rentan pecah jika terbentur keras

Cort Earth Mini

Cort-Earth-Mini

Tipe

Akustik

Material

Solid Sitka Spruce (top), mahogany (back, side, neck), merbau (fingerboard, bridge)

Finish

Open pore

Scale length

578 mm

Panjang Neck

Tidak disebutkan

Lebar Neck

43 mm

Kisaran Harga

Rp 3.512.000,-

Earth Series ini produk gitar dari Cort didukung dengan tampilan vintage dan kualitas suara instrument yang ciamik. Ukurannya 3/4 menggunakan material solid spruce di bagian atasnya, serta finishingnya open pore untuk meningkatkan resonansi kayu. Cort Eart mini ini dengan tampilan portable ini sangat ideal bagi anda untuk dibawa saat melakukan perjalanan.

Kelebihan

Kekurangan

Tampilan dan suara instrumennya berkualitas

Hanya ada satu varian warna

Takamine GX18CE-NS

Takamine-GX18CE-NS

Tipe

Akustik

Material

Solid spruce (top), mahogany (back, side, neck), laurel (fingerboard)

Finish

Natural

Scale length

Tidak disebutkan

Panjang Neck

Tidak disebutkan

Lebar Neck

Tidak disebutkan

Kisaran Harga

Rp 4.632.000,-

Gitar ini adalah versi mini dari seri Takamine NEX yang terkenal karena keseimbangannya serta mendukung vocal dengan indah. Seri GX16CE-NS pada bagian atasnya dirancang menggunakan bahan spruce solid berukuran 3/4 namun bisa menghasilkan suara yang maksimal. Pada bagian belakang dan samping terbuat dari bahan kayu mahoni, dengan Laurel Fingerboard lengkap dengan tuner dan preampt TPST.

Kelebihan

Kekurangan

Ukuran minimalis, suara maksimal

Belum ditemukan

Taylor Swift Baby Taylor (TSBT)

Taylor-Swift-Baby-Taylor-TSBT

Tipe

Akustik

Material

Solid spruce (top), mahogany (back, side, neck), laurel (fingerboard)

Finish

Chrome

Scale length

22-3/4″

Panjang Neck

578 mm

Lebar Neck

± 43 mm

Kisaran Harga

Rp 5.500.000,-

Pada gitar ini ada tanda tangan Taylor Swift, jika anda penggemar beratnya maka gitar ini sangatlah cocok. Dengan hiasan rosette dibagian body terlihat manis dan minimalis bikin produk ini terlihat cantik dan artistik.Gitar ini mampu menciptakan nada yang nyaman di dengar telinga karena kombinasi kayu sitka spruce plus sapele yang digunakannya.

Kelebihan

Kekurangan

Sangat khas dan cantik dengan adanya tanda tangan Taylor Swift

Harganya tergolong tinggi dan belum dilengkapi pick up. Harus meminta ke dealer resminya untuk penambahan pick up.

Baiklah, sebelum anda membeli ada baiknya untuk memastikan terlebih dahulu jenis lagu apa yang akan dipelajari. Bila ingin belajar musik klasik maka pilihlah gitar dengan senar nilon. Jika ingin belajar memainkan teknik strumming maka sebaiknya gunakan gitar senar baja.

Ciri khas suara nada – nada yang terdengar dari gitar mini memang sedikit teras janggal di telinga. Ini bukan berarti kualitas produk tersebut buruk melainkan karena fret yang pendek menjadikannya seperti itu. Jadi nikmatilah semua alunan melodi yang dihasilkan gitar mini sembari tetap menyetelnya secara berkala.

Tetaplah mengutamakan kualitas dan kemudahan dalam pemakaiannya dibandingkan dengan harganya agar anda bisa puas memainkannya. Apakah sudah menemukan gitar mini favorit anda? End.